076604000_1476260999-cpdGuna meningkatkan kompetensi profesional fisioterapis, Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Cabang Kabupaten Brebes Jawa Tengah menggelar pelatihan Continuous Professional Development (CPD) online, di Big Berry Resto Tegal, Selasa 11 Oktober 2016.

Proses CPD online merupakan program dari Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia untuk standardisasi kompetensi tenaga kesehatan–terutama para fisioterapis–sehingga ketika melayani pasien atau klien dapat sesuai dengan kemampuan keilmuannya.
Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia, Sunarto menjelaskan, CPD online merupakan sebuah sistem re-registrasi tenaga kesehatan yang dilakukan secara online.

“Hasil dari re-registrasi berupa Surat Tanda Registrasi yang menunjukkan tenaga kesehatan tersebut memiliki kompetensi untuk melakukan pelayanan kesehatan, baik di fasilitas kesehatan umum ataupun privat,” ucap Sunarto.

Dari proses CPD online, lanjut dia, terdapat proses uji mutu profesional dan pendidikan yang berkelanjutan. Terdiri dari lima ranah, yakni Pelayanan Klinik, Pendidikan, Pengembangan dan Latihan, Manajerial dan Bakti Masyarakat.

Dengan ranah yang bermacam itu, kata Sunarto, fisioterapis minimal mampu mencapai dua ranah guna membekali dirinya dengan kompetensi personal, profesional dan sosial.

“Diharapkan Fisioterapis dapat melakukan pelayanan kesehatan yang legal, kompeten dan memuaskan pelanggan,” dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia cabang Kabupaten Brebes Haris Budi menambahkan, pelatihan diikuti 50 fisioterapis dari wilayah Brebes, Kota dan Kabupaten Tegal serta peserta dari Jawa Barat.

“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan mereka memiliki kompetensi fisioterapis yang dapat diandalkan dalam pekerjaannya,” ucap Haris Budi.

Leave us a reply

*

*